[Review] MBC-Day 3

Kami sadar kami masih meninggikan ego masing-masing dan kurang peduli, kami atau saya pribadi mengakuinya. but at least, kami akan memperbaikinya dan akan terus berusaha yang terbaik untuk mengikuti MBC ini.

Rabu, 3 Juli 2012. Tampak ratusan mahasiswa memenuhi gedung Lab Doping Institut Teknologi Bandung (ITB), di pagi hari sekitar pukul 7.50. Mereka berbaris rapi 2 banjar berjalan menuju Basement Labtek VIII, dimana disana terlihat beberapa sosok mengenakan jaket abu-abu menanti mereka. Ya Seniro dan Senorita (Sapaan terhadap kakak tingkat 2011) sudah menunggu kami, para Anggota Muda HME ITB untuk mengikuti acara osjur HME, yang bernama Masa Bina Cinta (MBC).

Pukul 7.57, kami sudah berbaris rapi di Basement Labtek 8. Seperti biasa, Casio & Seiko (sebutan salah dua perangkat angkatan kami) menginterupsi seniro/senorita untuk mengumpulkan tugas review day sebelumnya dan memberitahukan jumlah peserta MBC hari ini. Ternyata, kuorum fisik hari ini cuma 216 orang, jauh dari janji kami pada day sebelumnya, yaitu 235 orang Hadir di Apel pagi ini. Selain itu, terdapat pula beberapa dari kami tidak mengumpulkan tugas review melalui Seiko, yang juga merupakan koordinator pengumpulan tugas tersebut. Meski datang tepat waktu, namun 2 kesalahan tersebut nampaknya masih sangat menandakan keseriusan dan kepedulian kami terhadap sesama masih sangat kurang.

Singkat saja, hari ini adalah MBC day-3, dimana sebelumnya sudah ada MBC day 0,1,2, dan interaksi Pra MBC. MBC adalah ‘osjur’ nya anak-anak HME, Himpunan Mahasiswa Elektroteknik, yang mana anggotanya berasal dari 3 program studi yang ada di ITB, Teknik Elektro (EL), Teknik Tenaga Listrik (EP), dan Teknik Telekomunikasi (ET). Ketiganya adalah program studi yang ada di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB. Jadi bagi kami mahasiswa Angkatan 2012 yang baru saja menyelesaikan studi kami di tingkat 1, MBC adalah sarana yang penting untuk belajar, saling mengenal 1 angkatan, dan memenuhi profil Kader Tingkat 2 kami, yang mana tertera pada Rancangan Umum Kaderisasi (RUK) Keluarga Mahasiswa ITB. skip, terlalu panjang jika saya bercerita tentang hal ini :).

Kembali ke 2 paragraf sebelum ini, Setelah Apel, seperti biasa kita cek spek, Alhamdulillah tidak ada satupun dari kami yang lupa tidak membawa spek, karena memang sebelum acara, semua sudah kumpul angkatan dan mengecek spek masing-masing. Saat itulah, kami tau bahwa ada satu kawan kami datang terlambat dikarenakan bocor pada ban motor.

Materi hari ini adalah seputar keprofesian Elektroteknik. Pemateri pertama adalah Seniro Wisnu Wijayanto (EL’11). beliau menjelaskan kepada kami seputar IEEE (diabaca I triple E), yang merupakan sebuah organisasi internasional, yang beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan (id.wikipedia.org). disana kami menonton video Leapmotion yang mengembangkan gesture tracking device, sebuah device yang memonitor gerak kita sebagai input pada komputer, atau dalam bahasa gampangnya sebagai pengganti mouse pada PC maupun touchscreen pada tablet. saya nangkepnya mirip teknologi kinect punya Xbox gitu, tapi kelihatannya lebih presisi dan sensitif,  katanya tingkat sensitifnya hingga 0,01 mm lo !!!

berikut videonya :

Selanjutnya ada penjelasan mengenai smart grid system. Intinya sih semacam metode distribusi listrik yang lebih modern, futuristik, dan Modern. Untuk prinsip kerjanya katanya sih mirip dengan distribusi listrik biasa yang sudah ada saat ini, namun dengan pemberian feedback dan monitoring realtime yang canggih, sehingga efisiensi bisa dilakukan :). selanjutnya ada video mengenai Tesla Coil. untuk penjelasannya saya masih belum terlalu ngerti, pokoknya keren lah, pijaran listrik bisa kita mainin dan lihat dengan mata telanjang tanpa perlu efek dari editing video :).

Selanjutnya ada materi dari Kesra HME tentang pengenalan Kurikulum 2013 dan pengenalan Labdasar. Sebuah Lab yang nantinya akan kita pakai pada praktikum di semester 3 dan 4 nanti. di sesi ini kami sangat antusias untuk menanyakan berbagai macam hal (mungkin karena berkaitan dengan akademik). Disiini kami sadar akan pentingnya hadir tepat waktu dan tidak terlambat, karena jika pada praktikum nanti kami terlambat meski ‘hanya’ 1 detik, bisa dipastikan nilai E ada di tangan (ol.akademik -red) dan harus mengulang tahun depan.

Berikutnya ada materi dari Keprof HME  oleh Bagus Hanindhito (EL’11) tentang pembuatan NIM tag, sebuah device sederhana yang menampilkan NIM kami menggunakan LED dan 7 segment secara flip-flop dengan rangkaian IC 555. NIM tag ini akhirnya menjadi tugas individu kami, beserta pembuatan panji HME yang harus dihias dengan LED yang menjadi tugas angkatan kami.

Oh ya, sebelum materi-materi tersebut, kami juga diajarkan 4 buah lagu HME. HME petirnya iTB, Abu-abu, hanya ada satu, dan Apa Jadinya. Lagu-lagu yang menurut saya bagus dan cukup mudah untuk dihafalkan. Keren dah !!.

Sebelum day berakhir, seperti biasa ada forum. di forum itu, dibahas mengenai Performance kami, Elektroteknik 2012. Di forum itu pula kami meneriakan nama ‘Eltoro’ untuk pertamakalinya. Nama dari angkatan kami yang dalam bahasa Spanyol artinya Banteng. untuk filosofinya cukup panjang bila diuraikan sekarang :P. Hari itu, kami membuat kecewa para Seniro dan Senorita karena beberapa kesalahan yang sudah saya sebutkan diawal. Kami sadar kami masih meninggikan ego masing-masing dan kurang peduli, kami atau saya pribadi mengakuinya. but at least, kami akan memperbaikinya dan akan terus berusaha yang terbaik untuk mengikuti MBC ini.

see you on next day.. , vivato and bravo Eltoro !!
(baktistr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s