[Review] MBC-Day 4

“Apa sih ketua angkatan bagi kalian? apa ruginya kalau dia tidak hadir MBC ?”. Bagi saya pribadi, ketua angkatan adalah wajah angkatan kami, teman kami, dan harga diri kami, sedih dan kesal ketika ia Disuruh keluar dari MBC.

Jumat, 5 Juli 2013, Seperti biasa, Kami Eltoro 2012 kumpul di Lab Doping sebelum berangkat mengikuti MBC.

Hari ini, semuanya terasa berbeda, dimana perangkat angkatan diganti menjadi yang baru, kuorum nampaknya semakin sedikit, dan ternyata kami datang pukul 08.09. saya tidak tahu seharusnya jam berapa kami harus melewati perimeter daerah steril MBC.  Yah mungkin karena hari ini saya agak tidak enak badan, jadi semuanya serasa aneh.. Yep, let it flow.

Dikarenakan kuorum kami yang masih saja tidak mencukupi perjanjian pada sebelumnya, ketua angkatan kami Septian dipulangkan dari MBC, meski banyak diantara kami yang mencoba membantu dan mencegahnya, namun itu semua adalah konsekuensi yang sudah kita sepakati, seharusnya kita bisa me-nego-kan hal ini kemarin.

“Apa sih ketua angkatan bagi kalian? apa ruginya kalau dia tidak hadir MBC ?”. Bagi saya pribadi, ketua angkatan adalah wajah angkatan kami, teman kami, dan harga diri kami, sedih dan kesal ketika ia Disuruh keluar dari MBC.

Setelah kemelut mengenai kuorum tsb, akhirnya MBC kembali berlangsung. Hari ini kami kembali diajarkan beberapa lagu-lagu HME. Lagu-lagu ini beserta beberapa lagu yang sudah diajarkan sebelumnya ‘wajib’ dihafal oleh seluruh massa angkatan 2012. berlanjut ke materi selanjutnya. Materi kali ini masih terkait materi day sebelumnya, mengenai keprofesian. Kami dibagi beberapa kelompok untuk membentuk lingkar diskusi dan mendiskusikan mengenai isu-isu elektroteknik yang sudah kami buat essaynya sebelumnya. Diskusi seperti ini adalah budaya HME. disana kami mendiskusikan banyak hal, dari SmartGrid System, Mobil listrik tercepat yang katanya Secepat Bugatti, dan seindah Ferrari (imba lah pokoknya), Prosessor intel Generasi terbaru, Wireless charging, dan bahkan hingga smart TV yang bisa mengeluarkan aroma bebauan. Dibahas juga mengenai proses kerja secara kimianya. Bahkan saya pribadi ‘nyletuk’ berpendapat bahwa, bagaimana jika semua unsur kimia yang ada di tabel periodik bisa kita ubah ke bentuk digitalnya ? (bayangkan saja bila kita bisa membuat molekul oksigen dengan beberapa baris kode di komputer saja. haha)

Untuk keprofesian, selain lingkar diskusi, kita juga berlatih ‘menyolder’ membuat flip-flop sederhana, dengan rangkaian IC lm555. yah tampak banyak dari kami yang belum familiar dengan aktifitas ‘soldering’ (baktistr)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s