Gathering Nasional NDI, ‘TDP02’

Jadi Gini, kurang lebih pada akhir Bulan Maret/awal April, saya lihat ada pengumuman seputar akan diadakannya Gathering Nasional NDI #1 , nah berhubung ‘kebetulan’ saat itu fikiran saya ingin cepet liburan (lagi Hectic UTS), so tanpa ragu saya daftar aja :).

Waktu berjalan dengan cepat, akhirnya batas akhir pembayaran Gathnas tsb sudah didepan mata, saat itu, saya menyadari, jika saya ikut gathnas, maka saya terpaksa meninggalkan kegiatan OSKM (ospeknya Maba ITB), padahal sudah 2 bulan saya ikut diklat sebagai panitia Lapangan. galau super tuh !! haha. Dari hasil merenung, akhirnya saya putuskan membayar Gathnas dan akan Ikut Berlibur 3 Hari di CIPANAS (saya izin ke temen saya di ospek ke Bogor !!)

So, here we go !!, this is my Field Report !

[DAY -1, 15 Agustus 2013]

kak okky aka K, sms saya, dia nanyain mau berangkat naik apa.. saya jawab ngebus aja. akhirnya K bilang bahwa kita cuma berangkat berdua naik bus, dan janjian di terminal Leuwi Panjang jam 9 pagi besok.

[DAY  1, 16 Agustus 2013]

Departure – Late !!
Hari yang ditunggu tiba, saya bangun lumayan pagi, namun karena ada paket internet hingga jam 9 pagi, saya malah online dan sibuk download hingga jam 7.45. Lanjut mandi dan beres-beres, saya keluar kos jam 8.15. Sebenarnya saya bingung, kalo dari kosan mau ke terminal leuwi panjang harus naik angkot apa. akhirnya saya beli pulsa dan tanya mang yang jualan pulsa. Saya dikasih tau naik damri aja dari Dipatiukur (DU), alhasil saya naik angkot putih dan sampailah di DU pukul 8.31. Disana saya langsung tanya pada supir bus damri yang lagi ngetime. Yep, saya dapet bus menuju Leuwi Panjang, langsung aja duduk. Namun karena baru terdapat kurang lebih 4 penumpang termasuk saya, alhasil bis tidak langsung jalan. Pukul 8.52 akhirnya bus berangkat, tibalah saya di terminal leuwi Panjang sekitar pukul setengah sepuluh (Telat dari waktu janjian !!). Disana saya ketemu kak Okky, untuk yang ketiga kalinya, ga banyak berubah, dengan gaya dan style yang khas, kami langsung naik bus lagi. [SKIP-SKIP]

Arrival – Meeting New People !
Kurang Lebih pukul 2, kami sampai ke lokasi. Setelah turun bus, dijalan, untuk pertama kalinya saya bertemu kak Ghani aka Ghanibear. kemudian datang juga Ko Samuel aka Sam_Glory. Mereka berdua kemudian menjadi ojeg bagi saya dan K untuk menuju Villa 😀 . kesan pertama ngelihat villanya, ‘buset ini villa gede amat !!’. selang 5 menit kemudian, datang sosok yang tak asing bagi saya sedang membonceng sebuah motor Supra X (kalo ga salah :v). Yep, dialah Bang Nurdin aka Grey aka Hotaru, dan seorang yang baru pertama saya lihat juga, bang Deandry aka ODE aka Shironuri. Jadi, hingga pukul 2 kurang lebih, 6 orang telah tiba di Villa. Yep langsung aja kami saling ngobrol dan bersalaman. Saya lalu diberi Member Card NDI, CADAS, KEREN BANGET !!. Saat itu juga saya keliling Villa 2 lantai yang luas ini, saya mengambil foto tiap kamar dan ruang di lantai 1, kemudian pergi kelantai 2. Ntah kenapa, aura disana sungguh negatif, saya pun langsung turun kembali dan cuma mengambil foto di daerah balkon dan tangga saja.. brrr. Panitia (semua orang kecuali saya) tampak sibuk memasang banner di pagar Villa. saya cuma diam dan mengambil gambar mereka :v.

(para sesepuh NDI, dari kiri ke kanan : ko Sam, bang Okky, bang Ode, bang hota, bung Ghani)

Sembari menunggu rombongan dari Jakarta, kami mengisi waktu yang ada dengan Bermain Beberapa Games !!. Diawali dengan main truf, awalnya saya ga paham, namun karena bermodal pernah main Bridge, akhirnya saya berhasil memenangkan beberapa game, meski lebih sering kalah =)). Selain itu, terlihat pula panitia berbelanja untuk masak esok hari dan makan nanti malam. Saat sore kami berenam sempat bermain di Taman Belakang. Yang lucu adalah adanya tetangga sebelah yang mayoritas berisi Cewe (Harem Istilahnya) haha. oh ya, Bang Ghani juga sempat menendang bola keluar pagar, dan diomeli anak kecil ‘Gendut-Gendut !’. haha.
Next, Malampun tiba, rombongan dari jakarta akhirnya sampai (berangkat jam 2, sampai jam 9 malam) . Rombongan tersebut yakni Daras aka Berry_baranomiya, Bahrul aka X, Audimas aka Sherlock, Fauzi aka F.R, Ipung aka ba co vers, Jacque aka kirashi, Billy aka Coen, dan Mulyadi aka Seth D. Kei. hanya Berry, X, dan Sherlock. yang pernah saya temui sebelumnya. Yep, today I meet lot of new people, who will be My Great Family !!.
yang aneh disini adalah kirashi yang manggil saya Kak, bingung kirain dia lebih tua, FYI, saya seangkatan ama daras, dan mungkin seusia ama Rull dan Mule. meski baru saja melakukan perjalanan panjang, tak satupun dari mereka menampakkan raut wajah Lelah, Gila !! kami semua langsung berbaur satu sama lain dan melakukan beberapa permainan, Bang!, Uno Stack, Pet War,dll. Heboh juga pas main Bang! orang 7, haha rame wuy, kemudian dilanjut main PetWar, aneh game bikinan asli indo, dengan nama monster khas indo banget, Suharti, Sunge Alias suster ngesot, hingga LPG Zord, si LPG ijo 3KG, yang terkenal akan ledakannya :P. Disebelah tampak yang lain ramai maen PES, suasana riuh ini nampaknya berlangsung hingga dini hari.

[DAY 2, 17 Agustus 2013]

Morning – Sinyal, Musik Nostalgia, Merah Putih !
Pukul 5 ~ setengah 6, saya terbangun dari tidur saya, tampak beberapa manusia masih tergeletak di lantai dengan beberapa ekspresi yang aneh, Kak Ode dengan SleepingBag-nya, Mule ya yang terlihat seksi saat tidur, Kak Ghani yang mirip beruang :hammer: dan beberapa teman lain yang saya lupa bagaimana ekspresi saat tidurnya. terlihat kak okky sudah bangun sambil minum air putih dan makan amplang. tak beberapa lama, kak Sam terbangun dan tampaknya langsung sibuk (gatau mau ngapain). Teringat beban yang saya tinggalkan di Ospek, saya langsung mengecek HP, tampak 5-7 unread Message. intinya sih, saya di jarkom untuk kumpul bersama kelompok saya jam 3 pagi, namun di hp saya baru masuk sekitar pukul set 5 pagi. karena saya koordinator kelompok, tanpa pikir panjang saya langsung forward message. Dalam hati, anjir Indo*** parah, sinyalnya Kam***t !!. yah saya langsung ngelupain itu semua, setelah Sholat Subuh, saya ambil laptop & kabel data, capcus ke lantai atas.. Download Dorama !!!, ya karena internet saya paket malam, dan hanya berlaku hingga pukul 9 pagi, saya tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Setelah saya tinggal laptop saya di atas, saya lalu turun, tampak ruangan sudah mulai ramai, manusia yang tadi tergeletak sudah mulai berjalan kesana kemari. Saya lalu ambil kamera dan mengabadikan beberapa moment. Tampak Kak Sam dan Kak Ghani sibuk masak Nasi Goreng, lauk Nugget + Telor Dadar, dalam hati saya berfikir. Gila Kak Sam kayaknya Multi Talented !!. Saya kenal Kak Sam di dunia maya sebagai seorang Case Solver yang handal, punya logic dan analisa bagus, awalnya saya kira dia nerd atau Mathematic Geeks, namun di GathNas ini runtuh sudah pandangan awal saya terhadap dia :D. yep kata K sih, Sam itu orangnya sangat terstruktur/terorganisir, mulai dari rincian pembelian bahan makanan sore kemaren, hingga memasak, dia semua yang melakukan. Pokoknya Taun depan, Kak Sam bisa lah, jadi seksi sibuk-sibuk lagi :P. Ghanibear dan Grey pun membantu Sam memasak, sementara yang lain ada yang mandi, main game, nyeduh kopi,  main laptop, dsb. Oh ya, 1 hal yang ada di pagi itu adalah, hadirnya lagu-lagu jadul yang disetel Kang ODE di laptopnya. Dari beberapa lagu jadul yang disetel, saya mengenali lagu Jiraiya dan  Jiban !!, namun untung tidak tau lagu-lagu film jadul yang lain, sehingga tidak dianggap tua !! :P. Disini terlihat Kak Okky , Kak Ghani , dan Ipunk termasuk golongan yang benar-benar Sepuh (baca : Tua). Sepintas ingat hari ini adalah 17 Agustus, yep saya pun keluar mencari bendera, dan kebetulan didepan Villa ini juga dipasang Bendera, Keren Lah !!

Merah Putih depan Villa

Late Morning – Treasure Hunt !!

Setelah makan pagi berupa Nasgor + Nugget + Telor + Amplang + Pilus, kami diajak oleh Berry untuk menuju ke taman belakang, disana tampak ada beberapa kursi plastik yang berjejer. Awalnya kami saling berkenalan secara resmi, nama asli sekaligus Nick di Forum !!. Setelah itu ternyata Ada acara Treasure Hunt, terdiri dari 7 soal, banyak kodenya lah pokoknya, dan saya paling ga mahir kode haha, lama ga nge case. soal pertama, tentang mencari nick anak-anak NDI, nanti dari situ, akan diketahui sebuah kata yang akan menjadi target selanjutnya. awalnya saya bingung, namun setelah mendengar kata-kata mule, saya jadi ngeh, dan langsn dapet 4 dari 6 huruf yang harus dicari, namun itu sudah cukup untuk saya tahu dimana benda/target sasaran. ya Sebuah Mirror atau cermin. Soal kedua sebenernya sangat gampang, Saya tahu kalo itu berkaitan dengan News !, tapi ga tahu bahwa ada koran disana !. gara-gara daras bilang Digital, saya sempet cari dibalik tv ama laptop yang tergelatak di lantai :(, pokoknya saya yang paling akhir dapet soal no 3 deh. next-next saya lupa, pokoknya ampe soal 6, lancar jaya, meski harus nikung sana sini.. haha, sampai dapet soal terakhir dan belum ada yang bisa jawab, saya langsung aja makan. tanpa diketahui bang Hota ama Si Audimas bisa nyelesain dan jadi juara 1 dan 2. kayaknya di jeda-jeda ini, Bang Dedy aka Sanji dateng. ga begitu tau sih, kayaknya orangnya pendiem gitu. haha

Afternoon – Eatbulaga, Sedot WC, Marry Me !!
siangnya habis treasure hunt , Daras ngajakin kita kebelakang lagi kali ini kami main EatBulaga . Saya dapet Pasangan F.R, sayangnya kami tak bisa menebak 1 katapun, haha,  sempet heboh karena awalnya saya dapat kata ‘KAMPRET’, namun karena bahasa yang tidak jelas, langsung diganti dengan BARBEL, sayang F.R tetep tidak bisa jawab :(. nampaknya saya emang bukan jodoh ama F.R :v. Games ini makin seru ketika Bang Ipunk berpasangan dengan bang Hota disuruh menebak kata, SEDOT WC !!. parah lah, ini games ga ada batas waktunya, sampe bang Ipung kelar ngejawab. haha. Yang Paling Greget adalah ketika Daras Dan Rull berpasangan. si Rull suruh nebak kalimat MARRY ME !!. bang ipunk dan Billy adalah mastermind dibalik semua ini, haha. Disela-sela games ini, nampaknya Bang Taufik aka Taka dateng, yep awalnya saya nyangka dia ini orang yang  macho, eh taunya agak pendiem :).

Evening/Early Night – Open Discussion
Bagi Saya, ini adalah sesi yang ‘NDI’ Banget. Yep, acara ini berlangsung setelah maghrib, sekitar pukul 7 malam kami berkumpul lagi di Taman belakang. Suasana saat itu sangat hening, Bulan Bersinar dengan amat Cerah, Meski agak mendung, namun sinarnya masih bisa mengusir kegelapan dimalam itu.

Under the same moon, ~ suasana malam Open Discussion

Yep, Sembari menunggu Sossis dan Jagung Bakarnya Matang, Sam selaku moderator, menjelaskan kisah-kisah Behind the Stage nya Gathnas NDI ini. intinya sih, Sebelum Gathnas ini uda dilakukan 2 kali Gath Semi Nasional. Yep, saat itu saya mulai kebayang, betapa tingginya dedikasi para panitia Gathnas TDP02. oh ya, disana juga saya baru tau alasan Nama Gathering ini Test Drive Part 02 (TDP02).pokoknya para sesepuh NDI masih mencari formula yang Tepat untuk mengadakan Acara Gathering memperingati 1 DasaWarsa NDI di tahun 2016 Nanti !!! dan Test Drive sebelumnya berupa Gath semnas seperti yang sudah saya utarakan sebelum ini. Sesi Selanjutnya berupa pemaparan Sejarah NDI dari Kak Okky, selaku Founder Forum yang sekarang. Beliau (sopan dikit ama sepuh :D) bercerita kisah NDI zaman masih di grup Friendster, kira-kira tahun 2006. Saat itu kayaknya saya baru masuk SMP, dan baru kenal internet :D. Beliau mengutarakan uneg-uneg nya tentang betapa bedanya NDI dulu dan sekarang, NDI dulu itu kesannya ada Fun, dan Hobbi dalam memecahkan Case, bayangkan, online ke warnet, copas soalnya ke word, di print, kerjain di rumah, saat ngerasa selesai atau solved, kewarnet lagi, buat posting, misal ada yang udah jawab duluan ya ga masalah, intinya FUN !!. kalo sekarang NDI terkesan mengejar Point dan Rank . padahal awalnya, 2 hal tersebut untuk trigger aja, biar rame. :).

dari forum ini, saya lebih mengenal sedikit tentang NDI, meski saya termasuk member yang cukup ‘tua’ di forum (sekitar 2009 saya sudah Join), namun nampaknya, pengetahuan saya akan sejarah NDI masih sangatlah dangkal. tentang Find yang belum diketahui identitasnya, tentang adanya grup Net Detective Internasional yang juga dibuat oleh Find,  tentang Bang Hota, Bang Ode, Bang Sanji yang ternyata sepuh seangkatan dengan kak Okky, dll, pokoknya saat itu saya yang merupakan Member 2 Digit (sekarang udah 9000 an member lo :D), merasa belum berbuat banyak, Malam itu, saya merasa berada di sebuah Lingkaran Keluarga Besar yang luar biasa Hebatnya. Sasuga deh buat NDI, Long Last ya sebagai sebuah Keluarga :)..
Berikutnya dibahas juga tentang Level Up NDI itu sendiri, bang ODE berkata bahwa sekarang NDI sudah Bisa lah untuk Level Up, langkah awal yang mungkin bakal direalisasikan awal adalah terbitnya buku berisi Case-Case yang dibuat dan diselesaikan para member, untuk Edisi awal, hanya Case Chronology, yang akan diangkat. Kemudian Tentang teknik pengumpulan biaya /iuran untuk Gathnas Selanjutnya, masalah Tabungan yang beda persepsi dsb, kami bahas tuntas malam itu, meski pada akhirnya bakal diserahkan kembali kepada para member yang lain :). FYI, pada Gathnas kali ini, yang paling jauh asalnya adalah Bang Ipunk, ia berasal dari kalimantan (lupa daerah mana tepatnya), untuk sampai day 2 saja, ia berkata telah menghabiskan 700k uang, namun ia berkata, biaya tidaklah masalah, justru ia Berkata Rugi jika ia tidak ikut Gath kali ini. Super deh bang Ipunk. Setelah itu, ada penyerahan kepanitiaan secara tidak langsung dari panitia sekarang, ke para peserta Gathnas, dengan Rull dan Daras sebagai penanggung jawab. Semoga saya bisa kontribusi deh di Gathnas Taun Depan, bahkan Hingga 2016 paling tidak :)..
Yep, Malam itu, kerasa banget, bahwa NDI bukan cuma sebagai Forum sesama penggila detektif dan tetek bengeknya, namun lebih ke keluarga yang mempunyai mimpi besar bersama :). oh ya tidak lupa sossis dan Jagung bakarnya yang enak parah !!

Night/Mid Night – TWG, The Werewolf Game !
Kesel juga karen ga jadi ada Stand Up Comedy dari Kak Okky dan kak Ghani, begitu pula dengan Cermis (Cerita Misteri) yang gagal. Namun semua itu diganti dengan sebuah game yang tak kalah Serunya, ya TWG live. Sebenarnya, ini bukan TWG live yang pertama saya mainkan, sebagai Maba ITB dulu saya juga sering main game ini, meski banyak hal-hal yang beda dan hanya ada di TWG live kali ini. Ada beberapa hal unik yang terjadi Di TWG malam ini, yang pertama, FR yang pasrah aja pas mau di lynch, di ngaku bahwa dia baddiesnya, haha.. sungguh kasian bung FR malam itu. kemudian Taka yang dalam 4 game berturut-turut menjadi baddies !!, hingga ia dicap sebagai baddies permanent !, sasuga !. lalu si audimas yang deduksi dan analisanya keren karena bisa mendengar ‘suara-suara’ di malam hari.. hahaha :v, terus ada mule yang selalu kena Meta Gaming, bang ipunk dan bang ode yang jago nge-baygon-in di awal game. Hal yang paling keren menurut saya adalah ketika Bang Hota dan Bang Okky yang semula GM ikut main, dan mereka berdua dapet role  Baddies. di siang pertama, si audimas ngaku seer dan Scan Taka, dapetnya goodies. namun tiba-tiba bang hota juga ngaku dia seer dan nuduh Okky sebagai Baddies. tidak terima, okky ngevote hota saja, hasilnya Hota yang di lynch siang itu. pokoknya ini game paling keren lah, meski saya cuma sebagai goodies biasa, namun karena 1 dan lain hal saya tahu bahwa rull adalah Dokter, sehingga ketika ia terjepit, saya berhasil membantunya, dan meyakinkan Audimas si Seer, bahwa dia bukan Baddiesnya. akhirnya bang okky dan Daras berhasil kami lynch !, dan goodies menang !. Next Game juga tidak buruk, saya berhasil menang sebagai Baddies, dan game terakhir saya kembali menang, kali ini sebagai Fool !!. yep 3 winning Streak. Puas dah malam itu 😀

[DAY 3, 18 Agustus 2013]

Morning – Sarapan, Giant Killing !!
pagi itu, saya bangung lumayan kesiangan :(, gara-gara semalem main TWG ampe pukul setengah 2, haha. sholat mandi, dan nyemil beberapa amplang sisa. pagi itu, terlihat ko Sam kembali sibukk di dapur, kelihatannya menggoreng beberapa Nugget yang masih tersisa. saat itu saya amat bingung mau ngapain, main Cluedo bentar, terus sarapan nasi kuning, abis itu liat komik tentang bola, baca eps 1. anjir Keren !!, tim divisi 5 liga inggris bisa ngalahin salah satu tim Liga Primer !!. Giant Killing istilahnyapokoknya pagi itu saya habiskan buat baca komik ampe 6 eps !. ga liat temen yang lain pada maen Saboteur, dan juga ga sempet makan Nuggetnya 😦 hiks.. haha. sekitar jam 9, kami diajak foto-foto di taman belakang, saat itu diadakan pula sesi serah terima hadiah treasure hunt kepada Bang Hota dan Audimas. Lalu ada pembagian Member Card. anyway, saya udah dapet dihari pertama lo :P. setelah itu foto-foto dah. karena Member Card saya ada di dompet dan saya malas ambilnya, akhirnya saya pinjem punya bang Ipung, hehe, makasih bang !. oh ya kelupaan, tadi malam, kami juga dikabari, salah satu member NDI melahirkan seorang anak perempuan Cantik, yep Megumi Jr. untuk pertama kalinya menghirup udara luar. kami semua jadi om dan tante deh, pokoknya berasa banget lah keluarganya saat itu :D.

Afternoon – TandaTangan & Kepulangan 
setelah Foto, kami semua beres-beres barang, kurang lebih pukul 11 kurang, kami main TWG lagi. haha, bener-bener kecanduan main TWG live, kali ini bung Sam, bang Ghani, dan segala sepuh lainnya ikutan maen .. wanjir, saya newbie sendiri !! hahaha. Tak terasa waktu udah menunjukkan pukul setengah 2 siang, kami pun berhenti main. Sebelum Pulang, kami menuliskan kesan/pesan/dsb di balik banner, yep intinya sih oleh-oleh terakhir buat panitia :D. langsung aja para member Jakarta Balik naik angkot. akhirnya sekitar pukul 2 siang, villa tinggal kami berenam saja, haha. Bang Okky, bang Sam, bang ode, bang hota, bang Ghani, dan saya :). mereka bilang Gath kali ini sukses sih, diluar ekspektasi . yep seneng dengernya, saya juga Jujur, ga Nyesel ikut gath ini !!, meski harus ninggalin banyak hal di kampus sana !!. Setelah berpamitan dengan penjaga villa, kami semua keluar naik motor berboncengan, yep saya dan bang okky turun, dan melanjutkan perjalanan naik angkot + bus, Sampai jumpa lagi Guys !!, Selamat Datang bandung !, Selamat datang lagi Kesibukan sehari-hari.. :)) !

[Testimoni]

Kak Okky : Style dan Kedewasaannya sungguh jadi ciri unik, baek hati nungguin saya di terminal dan pas pulang baik hati pula ngasih makan dan nganter ampe depan kosan :))

Kak Samuel : Ga nyangka orangnya asik dan Multi Talented Banget !, keren dah, inspiring banget pokoknya

Kak Hota : asik, meski sepuh namum mau berbaur ama yang muda. Dari cara ngomongya kelihatan dewasa banget 🙂

kak ode : Lucu, Kocak, ngajarin saya main truf dan beberapa card game !!, katanya sih beliau ini yang ngajarain ke anak-anak banyak board game gitu, makasih juga koleksi musik pianonya 🙂

Kak Ghani : Kocak, Lucu, haha, no Comment dah, setiap tingkahnya udah bikin saya ketawa, dari nendang bola keluar pager, ampe nyanyi pas mandi =))

Rull : udah pernah ketemu pas di nangor, kayaknya kita seumuran yah :)), kirain aku lebih muda :hammer:

Mule : ternyata aku masih lebih tinggi.. ahhaahah, sampai ketemu lagi Le !!

Audimas : masih ga berubah gaya ngomongnya, haha, moga-moga ga ketularan bahasa jakarta ya nak !!, sukses terus 🙂

Daras : Ini beneran jadi clue berjalan pas treasure Hunt !, sensi amat ama saya pas maen TWG 😄

FR : ternyata udah tua juga ya . haha, kirain seumuran, maap pas eatbulaga, kalah kita bung !

Kirashi : pas dateng ampe day 1 manggil aku kak, saya nyangkanya dia lebih tua, tapi ternyata seumuran ama daras ya? berarti kita juga seumuran kok :))

Billy : China yang Rasis, Anjis parah bandar card game yang 1 ini, haha

Ipung : Ga ada Lo ga Bakal Rame Gath nas Bang !!, sukses jadi koordinator regional Kalimantan ya !!

 Taka : Bedis forever fix, kalem dan pendiem, sampai ketemu lagi bung !! 🙂

Sanji : ga begitu kenal, mungkin karena dateng di tengah-tengah, keliatan akrab banget ama sespuh yang lain =)), semoga bisa ikut gath selanjutnya ya bang !! 🙂

-BaktiStr

4 thoughts on “Gathering Nasional NDI, ‘TDP02’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s