Personal Assistant or Simple Chat Bot ?

Tau jarvis (J.A.R.V.I.S) ?  sebuah Artificial Intellegence (AI) buatan Tony Stark dalam Film IronMan, yang dapat dikatakan super cerdas yang merupakan personal assistant dari Tony Stark itu sendiri. Jarvis sanggup merespon setiap pikiran dan pertanyaan Stark dengan baik, mampu membantu secara langsung dalam beberapa pekerjaannya, bahkan bisa dikatakan teman terdekat Stark dalam tugasnya sebagai superhero di film itu, bayangkan sendiri, sebuah mesin yang bisa menjadi tempat curhat (baca : tanya jawab).

Anyway, cukup segitu bahasan tentang Jarvis.

Jadi gini, (cukup sampai sini pakai bahasa formalnya 😛 ), sudah lama saya ngebayangin bisa bikin sebuah AI yang bisa jadi asisten pribadi di laptop saya. Tujuannya sih, dan ‘pinginnya’ agar bisa ngebantu me-manage waktu saya :P, seperti reminder jam belajar, jam tidur, waktu sholat, dan jam bangun pagi. Pada awalnya saya coba-coba voice recognition bawaan windows, jauh lah dari ideal, cuma bisa buat buka tutup aplikasi saja, selain itu, pelafalan bahasa inggris saya masih ga bisa kedetek dengan baik, maklum lah, aplikasi bawaan ini kan khusus buat native speaker. Kemudian coba juga beberapa ‘smart application’ tentang jurnal gitu, ga banyak ngebantu juga, dasarnya saya juga orangnya malas. Jadi akhirnya proyek ini sempat vakum dan terlupakan dalam hidup saya :D,

Nah, sebenarnya karena alasan itulah, saya nulis artikel ini, sebagai reminder buat saya pribadi sih biar ga lupa lagi, bahwa saya pernah punya ‘mimpi’ membuat sebuah AI sebagai asisten pribadi saya.

Ok, sekarang kita masuk ke kendalanya, jujur sih, basic saya buat bisa bikin AI gitu masih sangat kurang, bisa dikatakan mendekati 0. yah yang penting ada target dulu sih, hehe.

Jadi gini (lagi), barusan tadi pagi saya mengunjungi sebuah situs fansub Anime, nah, disitu ada sebuah chat box ‘chatango’. Uniknya, disitu ada sebuah Bot chat, yang menurut saya sih, Pintar !!. ok, berikut beberapa chat dan command yang saya dan beberapa orang lain ketik dan direspon oleh bot nya.

—————————————————–
Baktistr  : malam
VbotFun : malam
Baktistr  : !bot lagi ngapain?
VbotFun :  baktistr@ Lagi napas..
Baktistr  : !bot udah makan?
VbotFun :  baktistr@ udah sama mie goyeng 2 bungkus pake telol ceplok ngutang di warung tetanggs, bayarin donk kak tolong
Suroki48: !bot dah punya pacar?
VbotFun:  suroki48@ punyaa ,kamu?
Baktistr : !bot sekarang jam berapa?
VbotFun :  baktistr@ mau tau aja, atau mau tau banget kakaak jeleeek? :p
—————————————————–

itu contoh beberapa pertanyaan ringan, tampak semua pertanyaan dapat dihajawab dengan baik ya. selain itu, bot ini juga punya kemampuan mengcrawling / indexing (apapun istilahnya) sebuah situs lain, berikut contohnya

—————————————————–
Baktistr : !ost sword art online
VbotFun :  baktistr@ http://animeost.info/18750/sword-art-online-ost
—————————————————–

dan juga ada beberapa kemampuan lain seperti translate beberapa bahasa, shortening url, mencari gambar, indexing sebuah title anime, dll. keren lah, kayaknya Chat bot model gini bisa menjadi langkah awal  buat solusi dari ‘mimpi’ saya.

—————————————————–
Hatsune66 : !TL id::ja=>selamat siang
VbotFun :  hatsune66@ こんにちは
—————————————————–

Awalnya, saya browse di google tentang Bot di Chatango, namun tidak menemukan referensi yang cocok. kemudian coba analisa sendiri, berhubung Chat bot ini platform/environment nya web based, saya duga dibuat menggunakan PHP (berdasarkan kemampuan indexing database sebuah situs, dan crawling situs lain), kemudian bot ini ditaruh / hosted di sbuah komputer yang selalu online (VPS istilahnya).  Yep, kalau ingin membuat bot yang serupa, 2 hal ini sebenarnya jadi maslah yang lumayan pelik buat saya. pertama, saya masih awam sama PHP, cuma pengalaman otak-atik database blog sendiri. Kedua, saya masih belum berpenghasilan, sehingga tidak ada uang buat sewa VPS

Yah, apapun itu, hal ini cukup menantang saya , hehe, jadi fix tambah proyek untuk liburan mendatang, belajar php !, haha kalau bisa jadi, itung-itung sebagai teman ngobrol (forever alone banget)

So, which is doable ? Personal Assistant or ‘Simple’ Chat Bot ?

updated : barusan berkesempatan chat dengan developernya, ternyata dia coding sendiri menggunakan PHP, dan menggunakan jasa VPS dari singapore ! (jauh lebih murah), dan developernya memang orang berpengalaman di bidang ini, ga heran bisa bikin bot keren gitu.. hehe

Advertisements

3 thoughts on “Personal Assistant or Simple Chat Bot ?

  1. lol mau bikin bot chatango juga ?, hati hati penipuan , sekarang mudah tiggal copi script orang , trus edit dah respon untuk bot nya, , untuk Vbotfun hubungi bukanvba di chatango dia orang e baik mau bagi saran. — Agunq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s